DATA ITU PENTING

nit 17 September 2019 14:47:38 WIB

Dalam upaya pencapaian suatu tujuan dibutuhkan strategi yang matang, baik dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring sampai dengan tindak lanjut.
Dan kegiatan tidak bisa terlaksana maksimal tanpa adanya data, karena dengan data bisa dibaca sebagai pedoman dalam penentuan arah kebijakan, sasaran, kebutuhan yang tepat, sehingga sasaran yang akan diraih betul betul berdaya guna. Data harus disiapkan dengan detail baik dengan terdokumentasi dan harus dimutakhirkan secara berkala mengacu kebutuhan masing masing kepentingan atau institusi.
Data adalah bagian yang terpenting sebagai langkah awal merumuskan suatu tindakan, secara umum arti data adalah kumpulan dari keterangan atau deskripsi dasar dari suatu hal yang diperoleh dari hasil pengamatan dan dapat diolah menjadi bentuk yang komplek.
Data bisa dikelompokkan dan sebagai informasi awal yang dapat dimengerti dan sebagai media pencegahan duplikasi data, disamping itu juga berfungsi mempermudah proses baik penyimpanan, pembaharuan dan penghapusan data.
Ada dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder.
Data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian. Data primer ini juga disebut data baru atau data asli, sedangkan data sekunder adalah data yang didapat atau dikumpulkan dari sumber sumber yang telah ada, bisa dari perpustakaan, laporan - laporan, dokumen yang dilakukan oleh peneliti yang terdahulu, data sekunder ini biasa disebut data yang tersedia.
Mengenai sifatnya, data ada dua yaitu data secara kualitatif kuantitatif dan data menurut waktu pengumpulannya. Bentuk data kualitatif dan kuantitatif berupa bilangan atau yang diangkakan, sebagai misal nilai, umur. Kalau menurut waktu pengumpulan bisa berdasarkan masa masa tertentu, bisa mingguan, bulanan, atau semesteran tergantung kepentingan pengguna data itu sendiri.
Metode pengumpulan data pun ada beberapa langkah yaitu pakai metode wawancara,observasi, angket, dan studi dokumen.
Itulah begitu pentingnya sebuah data, tanpa data ibarat orang berjalan di dalam gelap dan berjalan tanpa arah.
Marilah kita sebagai pelayan masyarakat bersama sama menggalang komitmen untuk tertib data.(iput)

Komentar atas DATA ITU PENTING

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Baleharjo

tampilkan dalam peta lebih besar