5 PILAR STBM

07 Januari 2021 13:27:50 WIB

Sanitasi total berbasis masyarakat di Kalurahan Baleharjo pada hari ini Kamis 7 Januari 2021 dilakukan deklarasi bersama.
Baleharjo menjadi urutan yang ke 18 Kalurahan se Kabupaten Gunungkidul yang telah melakukan deklarasi.
STBM merupakan program pemerintah dalam rangka memperkuat upaya membudayakan hidup bersih sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan, meningkatkan kemampuan masyarakat, serta mengimplementasikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan.
Upaya sanitasi berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 852/Menkes/SK/IX/2008 yang disebut Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) yang meliputi 5 pilar yaitu
1. Stop BABS (stop buang air besar sembarangan)
2. CTPS (cuci tangan pakai sabun)
3. Pengelolaan air minum rumah tangga dan makanan sehat (PAM-RT)
4. Pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT),
5. Pengelolaan air limbah rumah tangga (PALRT).
Berkaitan dengan kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat telah dilakukan kegiatan pemicuan STBM 5 pilar tiap padukuhan, kemudian telah dilakukan kegiatan verifikasi STBM pilar pada bulan Oktober 2020 dengan mendatangi langsung ke rumah tangga dengan hasil untuk
Pilar 1. Hasil verifikasi Ruta 834 rumah 100% telah BAB di jamban.
Pilar 2.CTPS dari 796 ruta diverifikasi 761atau 95,6% sudah terbiasa cuci tangan.
Pilar 3.tentang PAM RT dari 796 ruta sudah 100% sudah melakukan pengamanan makanan dan minuman, salah satu contohnya dengan menutup makanan dengan tudung saji dan memasak air sebelum dikonsumsi.
Pilar 4.Tentang PSRT dari 796 ruta yang diverifikasi sebanyak 625 ruta atau 78,51% telah melakukan pengelolaan sampah ruta dengan benar
Pilar 5.tentqng PAL RT dari 796 ruta sebanyak 630 ruta atau 79,15% ruta yang telah melakukan pengamanan limbah rumah tangga dengan adanya program sanimas di beberapa padukuhan telah membantu mengurangi permasalahan limbah rumah tangga.
Deklarasi ini ditandatangani oleh Kepala Dinkes Kab GK, Panewu Kapanewon Wonosari, Kepala Puskesmas II Wonosari dan 5 Dukuh se Kalurahan Baleharjo.(iput)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Baleharjo

tampilkan dalam peta lebih besar